Recent Posts

Breaking News

TAJWID, HURUF HIJAIYAH, DAN QOLQOLAH



Ilmu Tajwid dan Sifat Huruf Hijaiyyah
            Tajwid menurut bahasa adalah tahsin, yang artinya memperindah. Adapun menurut istilah tajwid adalah membunyikan setiap huruf dari mkhrajnya dengan memberikan setiap huruf hak dan mustahaknya.
            Mengetahui atau mempelajari ilmu tajwid hukumnya fardhu kifayah, namun mengamalkannya dalam membaca Al-Qur’an hukumnya fardhu ain, yang berarti semua qari’ (orang yang membaca Al-Qur’an) wajib menerapkan tajwid saat membaca ayat-ayat Al-Qur’an.
Dalam ilmu tajwid di kenal istilah sifat-sifat huruf, yang artinya suatu keadaan yang terjadi pada huruf pada saat dibunyikan dalam makhrajnya. Seperti jahr (keras) dan lawannya yaitu al-hams (bisikan) dan lain sebagainya. Dan qalqalah termasuk salah satu sifat huruf yang tidak memiliki lawan kata.

Pengertian Qalqalah
           
Qalqalah menurut bahasa, artinya bergerak dan bergetar, sedangkan menurut istilah ilmu tajwid, artinya getaran makhraj pada saat mengucapkan huruf tertentu yang disukunkan, sehingga terdengar suara tekanan yang kuat. Huruf qalqalah terdiri dari lima buah yang tergabung di dalam kalimat "قطب جد" yaitu qaf, tha, ba’, jim, dan dal.
            Tingkatan qalqalah ada empat  macam:
a.       Qalqalah yang paling berat yaitu huruf qalqalah yang di tasydidkan dalam keadaan waqaf
Contoh: تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ
b.      Qalqalah yang pertengahan yaitu huruf qalqalah yang disukunkan dalam keadaan waqaf
Contoh: مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ
c.       Qalqalah yang ringan adalah huruf qalqalah yang disukunkan dalam keadaan washal.
Contoh: جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ
d.      Qalqalah yang paling ringan adalah huruf qalqalah yang berharakat
Contoh:  عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Namun pembagian Qalqalah yang paling masyhur ada 2 macam:
a.Qalqalah Sughra
yaitu apabila salah satu huruf qalqalah benar-benar bersukun ashli di tengah kata. Cara membacanya dengan menekan kuat makhraj huruf dari huruf qalqalah yang disukun tersebut sehingga lafaznya memantul dengan kuat dan jelas. Untuk huruf “qaf” dan “tha” pantulannya mendekati suara “o” sedangkan untuk huruf yang lain mendekati suara “e”.
Contoh:  تجري من تحتها الأنهار

b.Qalqalah Kubro
yaitu apabila salah satu huruf qalqalah dalam keadaan bersukun karena diwaqafkan atau bersukun di akhir kata. Cara membacanya dengan cara menekan kuat makhraj huruf qalqalah yang disukun/diwaqafkan tersebut sehingga lafadznya memantul dengan lebih berkumandang dan lebih jelas. Untuk huruf “qaf” dan “tha” pantulannya mendekati suara “o” sedangkan untuk huruf yang lain mendekati suara “e”.
contoh: قل هو الله أحد

2 komentar: