Recent Posts

Breaking News

CIRI IBADAH YANG DITERIMA ALLAH




Ciri Ibadah Yang Diterima Allah

 

        Berapa banyak orang yang melaksanakan perbuatan baik namun menjadi sia-sia di mata Allah, perbuatan yang dilakukannya hanya berhenti sampai di dunia saja tidak dapat memberinya manfaat bagi dirinya sampai kehidupan akhirat. Mengapademikian ? karena ada hal-hal yang belum terpenuuhi, diantaranya:

a.  Didasari keikhlasan karena Allah semata
Rasulullah Saw mengingatkan dalam hadisnya

 
“wahai manusia, ikhlaskan seluruh amalmu karena Allah, sesungguhnya Allah tidak menerima suatu amal kecuali didasari keikhlasan karena-Nya.”

b.  Sesuai tuntunan Rasulullah SAW
Selain keikhlasan, ada hal penting lain yang harus dipahami bagi setiap muslim dalam melaksanakan ibadah sebagai aktualisasi keimanan. Yaitu, melaksanakan seluruh amal perbuatan dengan tidak asal-asalan dalam menjalankan dan sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw.
 
Dari Ummul Mu’minin; Ummu Abdillah; Aisyah radhiallahuanha dia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Siapa yang mengada-ada dalam urusan (agama) kami ini yang bukan (berasal) darinya), maka dia tertolak. (Riwayat Bukhri dan Muslim),dalam riwayat Muslim disebutkan: siapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan (agama) kami, maka dia tertolak.

      Dalam hal perbutan yang tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah, tentu kita sering mendengar istilah bid’ah. Bid’ah adalah sesuatu yang baru atau sesuatu yang tidak sama dengan contohnya. Namun dalam Islam, tidak semua bid’ah dilarang. Bid’ah Hasanahadalah hal yang belum ada pada zaman Rasulullah.

Tidak ada komentar